06 January 2014

INSTALLASI Packetix VPN Server Windows 2008

Installasi Packetix VPN server menggunakan OS Windows Server 2008 tentu saja sangat mudah. Langkah-langkahnya sama seperti kebanyakan program atau aplikasi Windows  yang lain: tinggal download, lalu klik dobel, selanjutnya tinggal next, next, next hingga finish. Untuk mendownload installer  Packetix VPN server, silahkan pergi ke link ini. Setelah itu pilih kolom-kolomnya seperti gambar di bawah ini:

download-packetix-vpn-server-windows

Versi terakhir pada saat tulisan ini dibuat, ternyata masih sangat baru (latest build) yang dirilis beberapa hari sebelumnya. Direct link untuk mendownload Packetix VPN server Windows (x64 maupun x86): SoftEther VPN Server and VPN Bridge (Ver 4.03, Build 9411, rtm)
Stelah didownload, cara menginstallnya juga sangat mudah, tinggal klik dua kali file-nya dan ikuti petunjuk yang ada.

CATATAN:  tulisan ini dibuat menggunakan installer yang lebih lama, bukan yang terbaru, tetapi cara penginstallannya sama, tidak ada yang berubah.
packetix-vpn-server-windows-step-2
Yang perlu diklik hanya tombol NEXT.
packetix-vpn-server-windows-step-3
Jangan lupa mencentang (tick) pilihan "I agree ..." dan kemudian NEXT.
packetix-vpn-server-windows-step-4
Lokasi default program Packetix VPN Server akan berada di "C:\Program Files\SoftEther VPN Server", biarkan seperti itu kecuali Anda ingin program VPN servernya berada di tempat lain (mungkin Anda ingin menyembunyikannya di "C:\WINDOWS\Cache", misalnya). NEXT.
packetix-vpn-server-windows-step-5
Tunggu hingga installasi selesai. Dan selanjutnya tinggal diatur atau dikonfigurasi sesuai kebutuhan. Untuk referensi, bisa lihat contohnya di sini.
packetix-vpn-server-windows-finish
Tampilan awal setelah Packetix VPN Server berhasil diinstall. Oh ya, installasi ini harus dilakukan dengan hak akses Administrator.
packetix-vpn-server-windows-server-manager
Contoh Packetix VPN Server yang telah selesai dikonfigurasi:
Demikian langkah-langkah sederhana yang diperlukan untuk menginstall Packetix VPN Server di Windows Server 2008. Semoga bermanfaat, dan apabila ada kesulitan, mari berdiskusi.

Salam.

1 comment:

  1. Maaf, kang... gunanya Packetix VPN Server di Windows Server 2008, itu apa kang?

    ReplyDelete

Percaya tidak percaya, setuju atau tidak, ingin mencaci maki atau malahan jadi ingin bunuh diri, silahkan ketik isi hati dan pikiran Anda.

Yang sopan ya, Mas, Mbak ..